3 Hal Penting yang Harus Diperhatikan Saat Makan Sahur

Kamis, 09 Juni 2016 - 03:30 WIB
3 Hal Penting yang Harus...
3 Hal Penting yang Harus Diperhatikan Saat Makan Sahur
A A A
JAKARTA - Menjalani rutinitas di bulan puasa tentu dibutuhkan nutrisi penunjang agar tubuh tetap bugar dan tidak lemas setiap harinya. Seorang ahli gizi yang juga seorang muslim di Amerika Serikat, Nour Zibdeh memberikan tips secara rinci tentang apa saja yang harus dimakan dan diminum terutama saat sahur agar tubuh tetap sehat dan berenergi selama bulan Ramadhan ini.

Dilansir Buzzfeed, ada tiga hal penting yang harus diperhatikan dalam mengonsumsi makanan dan minuman di waktu sahur. Apa saja?

1. Sebenarnya Anda tidak benar-benar membutuhkan makanan sebanyak yang Anda pikirkan
Pada dasarnya tidak ada aturan universal tentang berapa banyak makanan yang harus dikonsumsi karena kebutuhan kalori tergantung pada masing-masing individu. “Itu cukup sulit untuk makan banyak makanan saat pukul 03.00 dan tubuh Anda hanya dapat memproses makanan satu kali. Jika Anda makan sebanyak 400—1.000 kalori pada saat sahur, maka setelah 6—8 jam perut Anda akan kosong dan tubuh akan merasa lapar,” tutur Zibdeh yang sekaligus menyimpulkan bahwa tidak perlu berlebihan dan terlalu banyak mengonsumsi makanan saat sahur.

2. Idealnya, makanan Anda harus 40—50% karbohidrat, 25—30% protein, dan lemak 25—30%

Protein dan lemak akan membantu Anda tetap kenyang lebih lama, sementara karbohidrat merupakan sumber energi yang baik, dan karbohidrat tertentu adalah sumber serat yang baik. Namun And aharus pintar dalam memilih karbohidrat yang Anda konsumsi agar tidak membuat tubuh lemas dan mengantuk saat beraktivitas di pagi hari. Zibdeh merekomendasikan makanan yang tinggi serat, karbohidrat yang tidak melalui banyak proses, seperti oatmeal dan ubi jalar.

3. Selalu minum dua gelas air bersama dengan makanan Anda
Zibdeh mengatakan bahwa minum adalah hal yang sangat penting dilakukan saat sahur, tapi jika Anda memilih jus sebagai minuman sahur Anda, itu bukanlah pilihan terbaik karena kandungan gula yang cukup banyak di dalamnya. Selain jangan lupa untuk meminum dua gelas penuh air, ada baiknya untuk mengonsumsi buah dan sayuran segar yang mengandung air seperti semangka, mentimun, tomat, dan jeruk.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1092 seconds (0.1#10.140)